Fatwa MUI tentang Pengurusan Jenazah Covid-19

MENIMBANG
: a.
bahwa COVID-19 termasuk jenis penyakit berbahaya dan dapat menular kepada yang melakukan kontak dengan orang yang terpapar COVID-19 atau cara penularan lainnya;
MENGINGAT
.1 :
Firman Allah SWT:
Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 1
FATWA
MAJELIS ULAMA INDONESIA
Nomor: 18 Tahun 2020 Tentang
PEDOMAN PENGURUSAN JENAZAH (TAJHIZ AL-JANA’IZ) MUSLIM YANG TERINFEKSI COVID-19
Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), setelah :
b. bahwa ketika pasien COVID-19 meninggal, maka virusnya masih ada di tubuhnya dan berbahaya yang dapat menular kepada orang yang melakukan kontak dengan jenazah tersebut dalam proses pengurusannya;
c. bahwa muncul pertanyaan tentang tata cara pengurusan jenazah muslim pasien COVID-19 yang meliputi memandikan, mengafani, menyalatkan, dan mengebumikan sebagaimana aturan syariat terhadap jenazah pada umumnya;
d. bahwa oleh karena itu dipandang perlu menetapkan fatwa tentang Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19;
وَل َقد َكرمنا بني آدم وحمْلناهم في اْلبر واْلبحر ورزْقناهم من ال َّطيبات ِِ
ََََََََََُّْْْ ََََََََُْْ َ
ِِِِِ
ََََُّْ ََّْْْ
Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia

و َفض ْلناهم ع َلى َكثير ممن َخ َلقنا َتفضي الً [الإسراء: 07] ٍِِ ِ
“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna” . (QS. al-Isra’ [17]: 70)
… ولَ تلقوا بأيديكم إلى التهلكة … [البقرة: 591]
ِِ ِِ
dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam
ََََُُُُْ ََّْْْ
kebinasaan … (QS. al-Baqarah [2]: 195)

Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 2 ُيري ُد
ِ

  1. Hadis Rasulullah SAW, antara lain:
    َُْرَََُُُّ ََََََََُُْْ
    ِ
    ال َّشهي َد في ُكم؟» َقا ُلوا: َيا رسو َل الله، م ْن ُقتل في َسبيل الله َفهو َشهي ٌد، ِِ ِِِِِِِ
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia
    ب ُك ُم ٱ ْل ُع ْس َر . . . ( ا ل ب ق رة : 1 8 5 ) ِ
    … Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak
    menghendaki kesukaran bagimu… (QS. al-Baqarah [2]: 185)
    … وما جعل ع َلي ُكم في الدين من حرج … [الحج: 08]
    َ
    ٍ
    ََََََْْ َْ
    عنَأبيهريرَة، َقال: َقال سولاللهصَّلىاللهعَليهوسَّلم:«ماَتعدوَن ِِ
    ََََُُْ
    َقال: «إن ُشهداء ُأمتي إ اذا َل َقليل»، َقا ُلوا: َفمن هم يا رسول الله؟ َقال: ِِِ
    ََََََّّ ٌ ََََُُْْ َ
    «م ْن ُقتل في َسبيل الله َفهو َشهي ٌد، َوم ْن ما َت في َسبيل الله َفهو َشهي ٌد، ِِِِِِ ِِِِِ
    َََََََُُ َوم ْن ما َت في ال َّطا ُعون َفهو َشهي ٌد، َوم ْن ما َت في اْلب ْطن َفهو َشهي ٌد». (رواه
    ِِِِِِ
    مسلم)
    Dari Abu Hurairah ra. berkata: “Rasulullah Saw. bertanya (kepada sahabatnya): “Siapakah orang yang mati syahid di antara kalian?” Mereka menjawab: “Orang yang gugur di medan perang itulah syahid ya Rasulullah’’. Rasulullah Saw. bersabda: “Kalau begitu, alangkah sedikit umatku yang mati syahid”. Para sahabat bertanya: “Mereka itu siapa ya Rasul?” Rasulullah Saw. menjawab: “Orang yang gugur di medan perang itu syahid, orang yang mati di jalan Allah (bukan karena perang) juga syahid, orang yang tertimpa tha’un (wabah) pun syahid, dan orang yang mati karena sakit perut juga syahid”. (HR Muslim).
    Dari Abu Hurairah ra. berkata:
    عن عائشة رض ي الله عنها قالت : لْا أرادوا غسل النبي صلى الله عليه
    ِ
    ِِ
    ََََََُُ
    عَليهمالنومحتىمامنهمرجلإَّلَوَذْقنهفيصدره، ُثم َكَّلمهممَكلممن ِِِِِ
    ٌٌَََََََََََُُُُُُُّّّْْْْْْْ
    ِِِ ِ
    … dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam
    agama suatu kesempitan … (QS. al-Hajj [22]: 78)
    عن أبي هريرة رض ي الله عنه قال: َقال رسول الله صَّلى الله عَليه وسَّلم: ِِ
    ََُُ َ ََََُْ
    َخمس َتجب لْلمسلم َعَلى َأخيه: رُّد السَلًم، وَت ْشمي ُت اْلعاطس، وإجاب ُة ِِِِِِِِِِِ
    ٌُُْْ َََََََّْ
    الدعوة، وعيادة الْريض، واتباع الجنائز(رواه مسلم) ِِِِ
    َُْْ
    َََََّْ ََََُ
    ِِِ
    Rasulullah Saw. bersabda :
    “lima hal yang wajib dilakukan seorang muslim terhadap
    saudaranya; yaitu menjawab salam, mendoakan orang bersin,
    menghadiri undangannya, mengunjungi orang sakit, dan
    mengantarkan jenazahnya”. (HR. Muslim)
    ِِِ
    َناحية اْلبيت َلَ يدرو َن من هو: «َأن ا ْغسُلوا النبي صَّلى الله عَليه وسَّلم ِِِِِ
    َََََُُْْْْ َََََََُّّْ
    ِ
    … يريد ٱلله بكم ٱليسرولَ ِِ
    ََُّْ َُُُُُْ
    َ
    ِِ
    ََََََّّ َََََُُّْْ
    وسَّلم َقاُلوا: والَّله ما َندري َأُنجرد رسول الَّله صَّلى الله عَليه وسَّلم من ِِِِ
    ََََََََََََُُُْْْ َ
    ِِ
    ث َي ا ب ه َك َم ا ُن َج ر ُد َم ْو َت ا َن ا ، َأ ْم َن ْغ س ُل ُه َو َع َل ْي ه ث َي ا ُب ُه ؟ َف َل َّم ا ا ْخ َت َل ُف وا َأ ْل َق ى ا ل َّل ُه ِِِِِ
    ِِ
    و َع َليه ثياب ُه، (رواه أبو داود) ِِ
    ََُْ

    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 3
    Dari Aisyah ra. ia berkata: Ketika para sahabat ingin memandikan jenazah Rasulullah Saw., -mereka berbeda pendapat-. Mereka berkata: “Kami tidak tahu apakah kami membuka pakaiannya sebagaiman kami membuka pakaian saudara2 kami yang meninggal atau kami memandikannya dengan tanpa melepas bajunya?” Ketika mereka sedang berselisih pendapat, Allah telah menidurkan mereka sampai sampai dagu mereka tertunduk ke dada. Kemudian berkata seseorang dari sebelah rumah dan mereka tidak mengetahui siapa dia, dia berkata: “Mandikanlah Nabi dengan berpakaian”. (HR. Abu Daud)
    عنَأبيرافع، َقال: َقالرسولالَّلهصَّلىاللهعَليهوسَّلم:«من َغسلميتا
    ََََََََََََََُُُّْْْا
    ِِِ ٍِ
    َفَكَتَم َعَلْيه ُغفَرَلُهَأْرَبعيَنَمَّراة.(رواهالحاكم) ِِِ
    “Barangsiapa yang memandikan seorang mayit, lalu ia
    merahasiakan keburukan mayit itu, maka Allah ampuni dia sebanyak empat puluh kali.” (HR. Al Hakim)
    ِ
    ًََََُّّْْْ
    عن أبي هريرة، أن امرأة سوداء كانت تقم الْسجد – أو شابا – ففقدها
    ََََْ َََُّْْاَََََََََََََُْْ
    ِ
    ِ
    رسول الله صَّلى الله عَليه وسَّلم، َفسَأل عنها – َأو عنه – َفقاُلوا: مات، ِِ
    ََََََََََََََُُُُْْْْ
    قال: « َأفلً كنتم آذنتموني» قال: فك َأنهم صغروا َأمرها – َأو َأمره – فقال:
    ََََََََََََُُُُّّْْ ََََََُُُْْْْْ
    ٌََََََََََُُُُُُِّّّّْ
    «دلوني َعلىقْبره»فدلوُه،ف َصلى َعلْيَها،ثَّمقاَل:«إنهذهالقُبوَر َمْملوَءة ِِِِ
    ِِ
    ُظ ْلم اة ع َلى َأهلها، وإن الله عز وجل ينورها َلهم بص َلًتي ع َليهم» ِِ
    َ َ َْ ََّ ََََََََُُّّ ُْ َ َْْ
    ِِِِ
    Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah Saw. pernah kehilangan seorang wanita atau pemuda berkulit hitam yang biasa menyapu sampah di masjid, beliau Saw. pun bertanya tentangnya, dan dijawab bahwa ia telah meninggal. Beliau Saw. berkata: “Tidakkah kalian mengabarkan kepadaku?” Abu Hurairah ra.: “Seolah-olah mereka meremehkan kedudukan wanita atau pemuda tersebut.” Maka Nabi Saw. berkata: “Tunjukkan kepadaku kuburannya!” Mereka pun menunjukkannya, lalu beliau Saw. menshalatinya (yakni shalat atas jenazahnya) dan bersabda: “Sesungguhnya kuburan ini penuh kegelapan bagi penghuninya, tetapi Allah meneranginya untuk mereka dengan doaku buat mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim, dan ini adalah lafadh Muslim).
    عن عائشة رض ي الله عنها قالت : َقال رسول الَّله صَّلى الله عَليه وسَّلم: ِِ
    ِِِ
    Dari Aisyah ra. ia berkata:
    عنأبيهريرةرضياللهعنه َأَّنُه َسمَع َرُسوَلالله َصَّلى ُالله َعَلْيه َوَسَّلَم ِِِ
    َيُقوُل: «َما َنَهْيُتُكْم َعْنُه، َفاْجَتنُبوُه َوَما َأَمْرُتُكْم به َفاْفَعُلوا مْنُه َما ِِِ
    ِ
    ِِ
    َََََََُُُْ
    كسرعظم الْيت ككسره حيا. (رواه ابن ماجه) ِِ
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia
    “mematahkan tulang mayit seperti mematahkannya saat
    است َطعتم، َفإنما َأه َلك ا َّلذين من َقبل ُكم َك ْثر ُة مسائلهم، وا ْخت َلً ُفهم ع َلى ِِِِِِ
    ََََََََََُُّْْْْْْْْْ
    ََََْْ ًََُّْْ
    Rasulullah Saw. bersabda:
    hidup”. (HR. Ibnu Majah)
    َأ ْنبيائهم (رواه مسلم) ِ
    ِِ
    َ

    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 4
    Abu Hurairah ra. mendengar Rasulullah Saw. bersabda: “Apa
    saja yang aku larang kamu melakukannya, hendaklah kamu
    jauhi, dan apa saja yang aku perintahkan kepadamu, maka
    lakukanlah menurut kemampuan kamu. Sesungguhnya
    kehancuran umat-umat sebelum kamu adalah karena mereka
    banyak bertanya dan tidak patuh dengan nabi-nabi mereka.”
    (HR. Muslim)
    ُتْؤَتىُرَخ ُصُه،َكَماَيْكَرُهَأْنُتْؤَتىَمْعصَيُتُه(رواهأحمد) ِ
    Dari Ibnu Umar ra. berkata: Rasulullah Saw. bersabda:
    “sesungguhnya Allah suka untuk dilakukan rukhsah-Nya,
    sebagaimana Allah membenci apabila maksiat dilakukan”. (HR.
    Ahmad)
    َعْنَأبـيَسعيدَسعدبنمالكبنسَناناْلـُخْدريرضي ُاللهَعْنُهَأَّن ٍٍِِِِِِِِِِِ
    َْْْْْ ََ
    رسول الله صلـى الله عليه وسلم قال : لَ ضرر ولَ ضرار (رواه الدراقطني ِِِ
    ََََََّّ ََََََََََََََُُْْ
    و البيهقي و الحاكم)
    Dari Abû Sa’îd Sa’d bin Mâlik bin Sinân al-Khudri ra., Rasûlullâh Saw. bersabda: “Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan orang lain”. (HR. al-Dâraquthni, al-Baihaqi, al-
    Hakim)
  2. Qaidah Fiqhiyyah
    “Kemudharatan harus dihilangkan”
    الض َرر يز ال
    “Menolak kemaslahatan”.
    dari pada mecari
    ا لْ َ َش َّ ق ُ ة َ ت ْج ل ُب ا ل َّ ت ْ ي س ْ ي َ ر ِِ
    mafsadah
    درء الَْ َفاسد م َقدم على ج ْلب الَْصالح ِِِ
    ِ
    didahulukan
    ِ
    ٌََََُُّْ
    “Kesulitan menyebabkan adanya kemudahan”
    الضرر ي ْد َف ُع بقَدرالإمكان
    “Kemudharatan harus dicegah dalam batas-batas yang memungkinkan”
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia
    عناْبنعَمَرَقاَل:َقاَلَرُسوُلالله َصَّلىاللهعَلْيهوَسَّلَم:إناللهُيحُّبَأن
    ِِِ ِِِ
    َُ ََََُّْ
    “Kemudlaratan dibatasi sesuai kadarnya”.
    ُحرَمُةالحيوحف ُظنْفسهأْوَلىمنحفظالْيت ِِِِِِ
    ِِ
    “Menghormati orang hidup dan menjaga jiwanya itu lebih utama dari pada menghormati orang mati”
    َُُ الضرورُة ُت َق َّدرب َق َدرها
    ِ

    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 5
    MEMPERHATIKAN
    : 1. Pendapat al-Nawawi dalam kitab Syarah al-Nawawi ‘ala Muslim:
    قال العلماء الْراد بشهادة هؤلَء كلهم غير الْقتول في سبيل الله أنهم يكون َََََُِِِِِِِِِِِّْ
    ََََََُُُُْْْْ ََُُّ َََََََََُُُُّْْْ
    ََُّْ ََََََُّْ َََََََُُُُّّْْْ
    لهم في الْخرة ثواب الشهداء وَأما في الدنيا فيغسلون ويصلى عليهم وقد
    ََِِِْ َََََََُُُِِّّْ ٌَُِّْ ََََََََََ
    سبق في كتاب الإيمان بيان هذا وَأن الشهداء ثلًثة َأقسام شهيد في الدنيا
    َُُِِِِِْْ َُّْ ٌَ ْ ٍََُِِ ُّْ ََََََََُْْ
    والْخرة وهو ا ْلْقتول في حرب الكفار وشهيد في الْخرة دون َأحكام الدنيا
    َََََََُُْْْْ ََُِِ ُُِ َِ ٌِ َُُِِّ ِِ َََُِْ
    وهم هؤلَء الْذكورون هنا وشهيد في الدنيا دون الْخرة وهو من غل في ِِِِِِ
    ََّْ
    ِِِ
    Ulama mengatakan: “Bahwa yang dimaksud dengan kesyahidan mereka semua, selain yang gugur di medan perang adalah mereka kelak (di akhirat) menerima pahala sebagaimana pahala para syuhada yang gugur di medan perang. Sedangkan di dunia, mereka tetap dimandikan dan dishalati sebagaimana penjelasan telah lalu pada bab Iman. Sesungguhnya orang mati syahid ada tiga macam. Pertama, syahid di dunia dan di akhirat yaitu mereka yang gugur di medan perang melawan tentara kafir. Kedua, syahid di akhirat, tapi tidak syahid dalam hukum dunia yaitu mereka semua yang disebut dalam penjelasan di ini. Ketiga, syahid di dunia tidak di akhirat yaitu mereka yang gugur tetapi berbuat curang terhadap ghanimah atau gugur saat melarikan diri dari medan perang”.
  3. Pendapat al-Nawawi dalam al-Majmu Syarah al-Muhadzab, Juz 5, h. 128.
    ََََُ َََََََُُّْ ََََُُْْْْْْ
    ِِْ َ َُُُِِّ ِ ُُّ
    ََ ِِ ٌٍَََِِِْ ََُْ ََ ََََُْ ََُُُْْ ُْ
    فعله من فيه كفاية سقط الحرج عن الباقين وإن تركوه كلهم َأثموا كلهم ِِِِِ
    ِ
    واعلم أن غسل الْيت وتكفينه والصلًة عليه ودفنه فروض كفاية بلً ِِِ ِ ٍِِ
    َََََََََََََُُُُّْْْ ََََََََُُّْْْْ
    خ َلًف ٍِ
    Memandikan mayit adalah fardhu kifayah secara ijma’. Makna fardhu kifayah adalah apabila kewajiban itu sudah dilakukan oleh orang/kelompok yang dianggap mencukupi, maka gugurlah tanggungan bagi yang lain. Jika sama sekali tidak ada yang melakukan, maka semuanya berdosa. Ketahuilah, sesungguhnya memandikan mayit, mengafaninya, menshalatinya adalah fardhu kifayah tanpa khilaf.
  4. Pendapat Salim bin Abdullah Al-Hadrami dalam Sullamu al-Taufiq h. 36-38
    و َد ْف ُن ُه
    الجناَزةعلىالكافرُكْفٌر،وعلىالسْقط َحراٌم]؛وَمْنماَتفيقتالالُكفار ِِِِِِِِِ
    ِ
    الغنيمة َأو قتل مدبرا
    َُْْ ََُْا
    ِ
    وغسل اْلْيت فرض كفاية بإجماع اْلْسلمين ومعنى فرض الكفاية َأنه إذا
    ، َ ف ْ ر ُض ك ف ا َ ي ة ، إ ذ ا ك ا َ ن ٍِ
    َ غ ْ س ُ ل ا لْ َ ي ت ، و َ ت ْ ك ف ي ُ ن ُ ه ، و ا ل َّص لً ُ ة ع ل ي ه ،
    ِِ
    ِ
    مسلماولَد َحيا؛وَوجبلذمي َتْكفيٌن،وَدْفٌن؛ولسْقطميت[ َظهر َخْلُقُه] ِِ ٍِِِِ ٍٍِِِ
    ُْاًََُّ َََ
    َغسل، وَكْفن، ودْفن؛ ولَ يصَّلى عليهما [أي الذمي والسْقط، َفصلًُة
    ٌٌٌََُْ َ
    ِِِِ ِ
    بسببه ُكفن في ثيابه َفإن لم َت ْكفه زيد ع َليها ودفن، ولَ ي َغسل ولَ يص َّلى
    َََ ْ َََََُُُُّْ
    ِِِِِِِ ِِِِ
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia

    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 6
    عليه[أي َغسُلهوالصلًُةعليهيحُرمان].وأَقُّلالَغسل:إزاَلُةالنجاسة،
    ِ
    ِِ
    ََََُّّْْْ
    وَتْعميُم َجميعَبَشرهوَشَعرهوإْنَكُثَفَمَّراةبالْاءاُلَْطهر.وأَقُّلالَكَفن:
    ِِِِ ِ
    ِِِِِِ
    ِ
    ساتر جميع البدن، وثلًث لفائف لْن ترك تركة [أي ميراثا] زائدة عن دينه
    َُ ََ ََُ َََََََْا ا َاََْْ
    ِِِِِِِ
    ِِِ
    ِ
    ولم ُيوص ب َت ْركها [أي ب َت ْرك الزيا َدة على الواح َدة] .وأ َق ُّل ال َّصلًة عليه: أ ْن
    ِِِِِِ ِِِِ
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia
    َيْنوَي[َذَكٌرولو َصبًّياُمَميازا]فْعَلال َّصلًةعليه،والَفْر َض،وُيَعيَن[الَْيَتولو ِِ
    ِِِِ ِ
    Memandikan mayit, mengafani, menyhalati dan menguburkannya adalah fardlu kifayah. Hal itu jika mayit adalah seorang yang beragama Islam yang lahir dalam keadaan hidup. Sedangkan mayit kafir dzimmy hanya wajib untuk dikafani dan dikubur, begitu juga janin yang (belum mencapai umur 6 bulan dan lahir) dalam keadaan mati, hanya wajib untuk dimandikan, dikafani, dikuburkan dan keduanya tidak boleh disholati. Batas minimal memandikan mayit adalah dengan menghilangkan najis dan meratakan air yang menyucikan ke seluruh kulit dan rambutnya walaupun lebat. Batas minimal menguburkan mayit adalah galian/liang yang mampu menyembunyikan bau mayit dan menjaga tubuh mayit dari binatang buas. Disunnahkan memperdalam liang, kira-kira seukuran berdirinya orang yang mengangkat tangan. Selain memperdalam, disunnahkan juga untuk memperluas liang, serta wajib menghadapkan mayit ke arah kiblat.
  5. Pendapat Abdurrahman al-Jaziri dalam al-Fiqh ‘ala al-Madzahib al-Arba’ah, (Beirut: Dar al-Fikr, 1996), Jilid I, h. 476)
    ويقوم التيمم مقام غسل الميت عند فقد الماء أو تعذر الغسل، كأن مات حريقاا، ويخشى أن يتقطع بدنه إذا غسل بذلك أو بصب الماء عليه بدون دلك، أما إن كان لَ يتقطع بصب الماء فلً ييمم، بل يغسل بصب الماء
    بدون دلك.
    jika tidak ada air atau sulit untuk memandikan jenazah, maka jenazah ditayamumkan, seperti mati karena terbakar dan dikhawatirkan rontoknya anggota tubuh jika dimandikan atau dengan menyiramkan air tanpa menggosokkan organ tubuhnya. Jika tidak sampai merontokkan organ tubuh dengan menyiramkan air, maka tidak boleh ditayamumkan, tapi dimandikan dengan menyiramkan air tanpa menggosok.
    بالإشارة القلبية]، ويقول: “الله أكبر”، وهو قائم إن قدر، ثم يقرأ الفاتحة،
    ََََُْْ َََََُُّ َََْْ
    ٌَََّ
    ِِِِ ِِ
    ُثم ي ُقول: “الله َأ ْكبر، ال ّٰلهم صل على محمد”، ُثم ي ُقول: “الله َأ ْكبر، ال ّٰلهم ِ
    َََََََََََََُُُُُّّّّّ
    اْغفرَلهوارحمه”، ُثميُقول:”الله َأْكبر،السلًمعَليُكم”،ولَبدفيهامن ِِ
    ََََََََُُُُُّّّْْْْْْ
    ٌََََََُُُُّّْْ
    شُروطال َّصلًة،وتْركالْْبطلًت،[وتقدمغْسلالْيت].وأقُّلالدفن: ُحفَرة
    ِِِِِِ ِِِِ
    َََُُُْ َُُُّْْْ َََََُُُُّ
    َت ْكتم رائحته وَتحرسه من السباع، ويسن أن يعمق [ال َقبر] َقدر قامة ٍِِ
    ِ
    وبس َطة،ويوسع،ويجبتوجيهه[أيالَْيت]إلىالقبَلة. ٍِِِِِِ
    َْ َََََُُُُّْ ْ

    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 7 5. Pendapat al-Nawawi al-Bantany dalam kitab Nihayatu al-Zain
    hal 151
    و لَبد من اتحاد الجنس في الغاسل و الْيت الَ فى الحليل و الْحرم، فاذا لم يوجد الَ اجنبي فى الْيت الْراة او اجنبية فى الْيت الرجل ييمم
    Dalam memandikan mayit wajib menyamakan jenis kelaminnya. Misal mayit laki-laki maka yang memandikan adalah laki-laki, begitu juga sebaliknya kecuali orang yang telah dihalalkan dan para mahramnya. Jika tidak dijumpai seorangpun kecuali orang lain (ajnabi), maka mayit ditayamumkan.
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia
  6. Pendapat al-Nawawi dalam kitab al-Majmu’ juz 5 hal. 141-142 ََََ
    إ َذا مات رجل وَليس هناك إَّلَ امرأ ٌة أجنبي ٌة أو امرأ ٌة وَليس هناك إَّلَ رجل
    ََََََََََََُُُُّْْْْْْ ٌٌََََ
    ْ َََََُُُُُُُِّّْْ أجنب ٌّي ففيه ثلًثة أوجه : (أصح َها) عند الجم ُهور يي َّمم ولَ يغسل (والثاني)
    ََََََََُْ ََََّْ
    ُُِِ ٍََ َُُِّْ َِ َاُ ََِ
    َ ُِ ْ ْ ْ َ ُ َ ْ ُّ ْ َ
    يجب غسل ُه م ْن فوق ثوب َويلف الغاسل َعلى يده خرقة َوَيغض طرف ُه ما
    َََُ ََََُّ ََََُُُُّّ
    ٍِِِِِِ
    ِ
    امكنه فان اضطر الي النظر نظر ق ْدر الضرورة (وال َّثالث) لَ ي َغسل ولَ ييمم ِِ
    َب ْل ُي ْد َف ُن ب َحاله
    ِِ
    Jika seseorang tidak ada orang yang berjenis kelamin sama dan tidak mempunyai mahram, maka ada tiga hukum: 1) ditayamumkan, ini adalah pendapat jumhur, 2) dimandikan dengan tanpa melepas baju yang dipakai mayit dan berusaha untuk tidak melihat mayit, dan 3) langsung dikubur tanpa dimandikan dan ditayamumkan.
  7. Pendapat Al-Khatib al-Syarbini dalam kitab Mughni al Muhtaj, juz:1 h:360).
    َ
    (فلو مات بهدم ونحوه) ك َأن وقع في بئر َأو بحر عميق (وتعذر إخراجه
    ََََََََََََُّْْْْْْ ََََََُْْ
    ٍٍٍٍِِِِِِ
    ََََََََُْْْْْ وُغسُلُه) وَتيُّمُمُه (َلم يص َّل عَليه) لَفوات ال َّشْرط َكما َنَقَلُه ال َّشي َخان عن
    ِ
    ِِِِ
    اْلْتولي وَأقراه. وقال في اْلْجموع لَ خلًف فيه. قال بعض اْلْتَأخرين: ولَ ِِِِِِِ
    ََََََََُُ ََََََُُّْ َََََُْ
    وجه لترك الصلًة عليه؛ لِن الْيسور لَ يسقط بالْعسور، لْا صح «واذا ِِِِِ ِِِ
    َََََََََُُْْ ََََََََََُُّّّْْْْْْ
    أمرتكم بأمر فأتوا منه ما استطعتم» ؛ ولِن الْقصود من هذه الصلًة
    َََََََُْْ َََََََُُُُُّْْْْْْْْْ َّ
    ِِِِِِ
    ِ
    Andaikan ada orang yang meninggal tertimpa reruntuhan, sebagaimana tenggelam di sumur atau di laut yang dalam dan sulit untuk mengeluarkan dan memandikannya serta mentayamuminya, maka tidak perlu dishalati karena tidak memenuhi syarat. Sebagaimana dinukil oleh syaikhani dari imam Mutawalli. Imam Nawawi dalam kitab al Majmu’ menyampaikan: ”Tidak ada perbedaan pendapat dalam perihal ini.” Sebagian ulama’ muta’akhirin menyampaikan pendapat: “Tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat mayit. Karena sesuatu yang mudah tidak bisa gugur akibat sesuatu yang sulit. Berlandaskan hadits shahih: “Ketika kalian semua kuberi perintah, maka lakukan sebatas kemampuan kalian.” Alasan tetap harus dishalati adalah karena shalat merupakan doa dan penolong mayit.
    ِ
    ٍََُِّّ ََََُ
    الدعاء والشفاع ُة ل ْلميت ِِ
    ِ

    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 8
    MENETAPKAN
    Pertama
  8. Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah COVID- 19.
  9. Penjelasan Prof. Dr. Budi Sampurno (Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Prof. drh. Wiku Adisasmito (Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19) pada tanggal 24 Maret 2020 yang diantaranya, bahwa pasien COVID-19 yang meninggal:
    a. Langsung ditangani, dibersihkan kotorannya, ditutup lubang-lubang anggota tubuh dengan kapas, dikafani, dibungkus dengan plastik khusus supaya tidak bocor.
    b. Jenazah kemudian diteruskan ke ruang jenazah untuk dimasukkan dalam peti. Dalam ruang pemulasaraan ini dibatasi sampai 4 jam, kemudian dimasukkan ke dalam mobil ambulan khusus untuk dibawa ke tempat makam.
    c. Setelah dishalatkan jenazah diberangkatkan ke tempat pemakaman. Boleh dikubur di pemakaman umum, tetapi harus sesuai dengan protokol pengurusan jenazah (dikeluarkan oleh Kementerian Agama atau Pemerintah Daerah). Dalam protokol tersebut jarak liang kuburnya dengan sumber air minimal 50 meter dan jarak dengan pemukiman adalah 500 meter.
    d. Semua aktifitas di atas dilakukan oleh petugas khusus dengan memakai alat pelindung diri (APD).
    e. Bagi anggota keluarga yang ingin melihat dan menyalatkan serta menguburkan harus memakai alat pelindung diri.
    f. Kami dan tim medis memerlukan uraian tentang tata cara memandikan, mengafani, dan menyalati jenazah
  10. Fatwa MUI nomor 34 tahun 2004 tentang Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Dalam Keadaan Darurat
  11. Fatwa Majelis Ulama Indonesia Povinsi DKI Jakarta Nomor 01 tahun 2020 tentang Hukum dan Pedoman Penanganan Jenazah (Tajhiz al-Janazah) Terinfeksi COVID-19.
    12.Pendapat, saran, dan masukan yang berkembang dalam beberapa Sidang Komisi Fatwa yang berakhir pada tanggal 27 Maret 2020.
    Dengan bertawakkal kepada Allah SWT MEMUTUSKAN
    : FATWA TENTANG PEDOMAN PENGURUSAN JENAZAH (TAJHIZ AL-JANA’IZ) MUSLIM YANG TERINFEKSI COVID-19
    : Ketentuan Umum
    Dalam fatwa ini yang dimaksud dengan :
  12. Petugas adalah petugas muslim yang melaksanakan
    pengurusan jenazah.
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Kedua

  1. Syahid akhirat adalah muslim yang meninggal dunia karena kondisi tertentu (antara lain karena wabah [tha’un], tenggelam, terbakar, dan melahirkan), yang secara syar’i dihukumi dan mendapat pahala syahid (dosanya diampuni dan dimasukkan ke surga tanpa hisab), tetapi secara duniawi hak- hak jenazah-nya tetap wajib dipenuhi yang meliputi dimandikan, dikafani, dishalatkan, dan dikuburkan.
  2. APD (Alat Pelindung Diri) adalah alat pelindung diri yang digunakan oleh petugas yang melaksanakan pengurusan jenazah.
    : Ketentuan Hukum
  3. Menegaskan kembali Ketentuan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 angka 7 yang menetapkan: “Pengurusan jenazah (tajhiz al-jana’iz) yang terpapar COVID-19, terutama dalam memandikan dan mengafani harus dilakukan sesuai protokol medis dan dilakukan oleh pihak yang berwenang, dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat. Sedangkan untuk menshalatkan dan menguburkannya dilakukan sebagaimana biasa dengan tetap menjaga agar tidak terpapar COVID-19.”
  4. Umat Islam yang wafat karena wabah COVID-19 dalam pandangan syara’ termasuk kategori syahid akhirat dan hak- hak jenazahnya wajib dipenuhi, yaitu dimandikan, dikafani, dishalati, dan dikuburkan, yang pelaksanaannya wajib menjaga keselamatan petugas dengan mematuhi ketentuan- ketentuan protokol medis;
  5. Pedoman memandikan jenazah yang terpapar COVID-19 dilakukan sebagai berikut:
    a. Jenazah dimandikan tanpa harus dibuka pakaiannya
    b. Petugas wajib berjenis kelamin yang sama dengan jenazah
    yang dimandikan dan dikafani;
    c. Jika petugas yang memandikan tidak ada yang berjenis
    kelamin sama, maka dimandikan oleh petugas yang ada, dengan syarat jenazah dimandikan tetap memakai pakaian. Jika tidak, maka ditayamumkan.
    d. Petugas membersihkan najis (jika ada) sebelum memandikan;
    e. Petugas memandikan jenazah dengan cara mengucurkan air secara merata ke seluruh tubuh;
    f. Jika atas pertimbangan ahli yang terpercaya bahwa jenazah tidak mungkin dimandikan, maka dapat diganti dengan tayamum sesuai ketentuan syariah, yaitu dengan cara:
    1) Mengusap wajah dan kedua tangan jenazah (minimal sampai pergelangan) dengan debu.
    2) Untuk kepentingan perlindungan diri pada saat mengusap, petugas tetap menggunakan APD.
    g. Jika menurut pendapat ahli yang terpercaya bahwa memandikan atau menayamumkan tidak mungkin dilakukan karena membahayakan petugas, maka berdasarkan ketentuan dlarurat syar’iyyah, jenazah tidak dimandikan atau ditayamumkan.
    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 9
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Keempat

  1. Pedoman mengafani jenazah yang terpapar COVID-19 dilakukan sebagai berikut:
    a. Setelah jenazah dimandikan atau ditayamumkan, atau
    karena dlarurah syar’iyah tidak dimandikan atau ditayamumkan, maka jenazah dikafani dengan menggunakan kain yang menutup seluruh tubuh dan dimasukkan ke dalam kantong jenazah yang aman dan tidak tembus air untuk mencegah penyebaran virus dan menjaga keselamatan petugas.
    b. Setelah pengafanan selesai, jenazah dimasukkan ke dalam peti jenazah yang tidak tembus air dan udara dengan dimiringkan ke kanan sehingga saat dikuburkan jenazah menghadap ke arah kiblat.
    c. Jika setelah dikafani masih ditemukan najis pada jenazah, maka petugas dapat mengabaikan najis tersebut.
  2. Pedoman menyalatkan jenazah yang terpapar COVID-19 dilakukan sebagai berikut:
    a. Disunnahkan menyegerakan shalat jenazah setelah
    dikafani.
    b. Dilakukan di tempat yang aman dari penularan COVID-19.
    c. Dilakukan oleh umat Islam secara langsung (hadhir)
    minimal satu orang. Jika tidak memungkinkan, boleh dishalatkan di kuburan sebelum atau sesudah dimakamkan. Jika tidak dimungkinkan, maka boleh dishalatkan dari jauh (shalat ghaib).
    d. Pihak yang menyalatkan wajib menjaga diri dari penularan COVID-19.
  3. Pedoman menguburkan jenazah yang terpapar COVID-19 dilakukan sebagai berikut:
    a. Dilakukan sesuai dengan ketentuan syariah dan protokol
    medis.
    b. Dilakukan dengan cara memasukkan jenazah bersama
    petinya ke dalam liang kubur tanpa harus membuka peti,
    plastik, dan kafan.
    c. Penguburan beberapa jenazah dalam satu liang kubur
    dibolehkan karena darurat (al-dlarurah al-syar’iyyah) sebagaimana diatur dalam ketentuan Fatwa MUI nomor 34 tahun 2004 tentang Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Dalam Keadaan Darurat.
    : Ketentuan Penutup
  4. Fatwa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan
    ketentuan jika di kemudian hari membutuhkan
    penyempurnaan, akan disempurnakan sebagaimana mestinya.
  5. Agar setiap muslim dan pihak-pihak yang memerlukan dapat mengetahuinya, semua pihak dihimbau untuk
    menyebarluaskan fatwa ini.
    Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 10
    Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Pedoman Pengurusan Jenazah (Tajhiz al-Jana’iz) Muslim yang Terinfeksi COVID-19 | 11
Ditetapkan di : Jakarta
Pada tanggal : 2 Sya’ban 1441 H
27 Maret 2020 M
MAJELIS ULAMA INDONESIA KOMISI FATWA
Ketua Sekretaris
PROF. DR. H. HASANUDDIN AF DR. HM. ASRORUN NI’AM SHOLEH, MA.
Mengetahui,
DEWAN PIMPINAN MAJELIS ULAMA INDONESIA
Wakil Ketua Umum Sekretaris Jenderal
KH. MUHYIDDIN JUNAEDI, MA DR. H. ANWAR ABBAS, M.M, M. Ag
Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s